Gunakan Linktree untuk Membuat ‘Link di Bio’ Anda Benar-benar Berguna

290 views
7 mins read
Gunakan Linktree untuk Membuat 'Link di Bio' Anda Benar-benar Berguna
Gunakan Linktree untuk Membuat 'Link di Bio' Anda Benar-benar Berguna
Gunakan Linktree untuk Membuat ‘Link di Bio’ Anda Benar-benar Berguna

Media sosial adalah alat penting untuk mempromosikan pekerjaan Anda secara online, tetapi hampir setiap aplikasi media sosial memiliki kelemahan utama: Anda hanya dapat menempelkan satu tautan “situs web” ke profil Anda. Bagi kebanyakan orang, itu tidak cukup — kebanyakan dari kita memiliki banyak profil, proyek, dan portofolio untuk dipromosikan, terkadang ke audiens yang berbeda — itulah sebabnya layanan penggabungan tautan seperti Linktree semakin menjadi bagian penting dari kehidupan online Anda.

 

Linktree bukan situs web pertama seperti ini (dan kami menguraikan beberapa pesaing utamanya di bawah), tetapi ini adalah salah satu yang paling sederhana untuk digunakan, karena hanya berfokus pada tautan dan menghindari fitur tambahan seperti blogging dan penerbitan media. Ini juga gratis untuk digunakan, dan bahkan versi berbayar ($US6 ($8)/bulan) jauh lebih murah daripada membuat dan menghosting situs web dan memberi Anda akses ke banyak alat analitik yang berguna.

Jika Anda telah menghabiskan waktu di media sosial dalam beberapa tahun terakhir, kemungkinan Anda telah memeriksa Linktree seseorang, dan mungkin ingin tahu tentang layanan tersebut. Profil Linktree mudah dibuat, tetapi ada banyak fitur tambahan yang tersimpan di antarmuka situs web yang sederhana, jadi kami akan memandu Anda melalui prosesnya.

Cara membuat halaman Linktree

 

Langkah pertama adalah mendaftar akun baru di sini . Bahkan opsi Linktree gratis memungkinkan Anda untuk menambahkan tautan tanpa batas ke halaman profil Anda, tetapi ada paket Pro ($US6 ($8) per bulan) yang menambahkan pelacakan analitik dan memungkinkan Anda mengatur tautan prioritas, menjadwalkan tautan untuk ditayangkan nanti waktu, dan lainnya. Namun, bagi sebagian besar pengguna, opsi gratis sudah cukup.

Setelah Anda mendaftar dan masuk, saatnya untuk menambahkan dan menyesuaikan daftar tautan Anda dari tab “Tautan” .

Tangkapan layar: Brendan Hesse
Tangkapan layar: Brendan Hesse
Tangkapan layar: Brendan Hesse
  1. Klik tombol “Tambahkan Tautan Baru” untuk, secara mengejutkan, menambahkan tab tautan.
  2. Tempelkan URL di dalam kotak.
  3. Untuk membuat tautan menjadi publik, klik penggeser sehingga berubah menjadi hijau. Jika nanti Anda ingin menyembunyikan tautan, klik lagi penggeser sehingga berwarna abu-abu.
  4. Anda juga dapat mengeklik tempat sampah untuk menghapus tautan secara permanen dari profil Anda.
  5. Seret dan lepas tab tautan untuk menyusun ulang tampilannya di halaman Linktree Anda.

 

Beberapa tautan akan memiliki opsi tambahan tergantung pada apa yang Anda tautkan. Tautan YouTube, misalnya, dapat diatur untuk dibuka di tab terpisah dan meminta pengunjung untuk berlangganan saluran Anda.

Anggota gratis dapat menambahkan gambar mini ke tautan apa pun, dan melihat analitik terbatas. Anda juga dapat menampilkan Tweet individual di halaman Anda, atau, dengan keanggotaan Pro, secara otomatis menampilkan Tweet terbaru Anda.

 

Tangkapan layar: Brendan Hesse
Tangkapan layar: Brendan Hesse
Tangkapan layar: Brendan Hesse

Setelah tautan Anda ditambahkan, klik tab “Tampilan” untuk mengubah gambar profil Anda, menyesuaikan bio Anda, dan mengubah tema halaman Anda. Saat ini ada 10 tema gratis, sebagian besar menampilkan warna solid atau gradien sederhana, sementara anggota Pro dapat memilih dari lima tema tambahan, dari “Langit malam” hingga “Pelangi”, atau membuatnya sendiri dengan latar belakang dan font yang unik (Pro juga dapat pilih untuk menyembunyikan logo “Linktree”). Saya pribadi menggunakan salah satu tema gratis, dan itu menyelesaikan pekerjaan dengan baik .

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah menuju ke tab “Pengaturan” , di mana Anda dapat memperbarui info akun Anda, mengubah pengaturan keamanan Anda, dan menambahkan tautan yang lebih bermanfaat — termasuk integrasi pembayaran dengan Paypal, tautan ke profil media sosial, alamat email, akun perpesanan seperti WhatsApp atau Telegram, langganan Substack dan SMS, dan banyak lagi. Penambahan ini akan muncul sebagai ikon di bagian bawah tumpukan tautan utama Anda. Ini juga di mana Anda dapat mengubah pengaturan akun Anda jika Anda akan menautkan ke “materi sensitif” (baca: konten dewasa).

Tangkapan layar: Brendan Hesse
Tangkapan layar: Brendan Hesse
Tangkapan layar: Brendan Hesse

Setelah menambahkan tautan terakhir tersebut dan mengonfigurasi pengaturan Anda, profil Linktree Anda sudah siap. Salin tautan “My Linktree” di kanan atas dan tempel di berbagai profil, halaman portofolio, dll., atau klik “Bagikan” untuk membagikannya dengan kontak Anda melalui pesan, email, atau pos media sosial.

Alternatif terbaik untuk Linktree

Untuk berjaga-jaga jika Linktree tidak memotongnya untuk Anda (meskipun itu adalah layanan yang paling populer), ada beberapa alternatif. Sebagian besar terbatas dalam hal harga dan/atau fitur, atau lebih dari sekadar kesederhanaan yang ditawarkan Linktree, tetapi inilah pilihan untuk memulai:

  • Lnk.bio : Seperti Linktree, Lnk.bio memungkinkan pengguna menambahkan tautan tak terbatas ke halaman mereka. Anda juga dapat menyematkan video, dan pelanggan premium ($ 1/bulan) mendapatkan akses ke data analitik untuk tautan mereka. Satu-satunya kelemahan adalah membutuhkan login Instagram untuk digunakan.
  • Shorby juga sangat mirip dengan Linktree, berbagi hampir semua fitur yang sama, dan bahkan beberapa keunggulan seperti integrasi cerita Snapchat. Namun, ini adalah layanan berbayar yang dimulai dari $US15 ($19) per bulan (atau $US144 ($185) per tahun), dan tidak ada opsi gratis.
  • Milkshake adalah pesaing lain yang layak, memungkinkan Anda membuat banyak halaman dan menambahkan .gif dan suar visual lainnya ke tautan Anda, tetapi ini hanya untuk seluler ( Android dan iOS ) dan tidak dapat digunakan di desktop. Kabar baiknya adalah, gratis!
  • Terakhir, jika Anda adalah pengguna utama Twitter dan mencari solusi perawatan rendah, Anda dapat menempelkan semua tautan Anda ke Tweet yang disematkan yang akan tetap berada di bagian atas profil Anda selama Anda menyimpannya di sana. Anda bahkan dapat menautkan langsung ke Tweet dari profil media sosial lainnya — meskipun ini tentu saja merupakan solusi yang tidak elegan dibandingkan dengan apa yang akan Anda dapatkan dengan layanan khusus.